Inovatif Dan Kreatif

Posted by Unknown on 16:03
Oleh: Didin Hafidhuddin


1.      Salah satu bagian penting dari fathanah (cerdas) adalah inovatif dan kreatif, sebagaimana  ditunjukkan oleh Rasulullah Saw., bahkan sebelum menjadi Nabi. Hal ini sebagaimana dinyatakan oleh Siti Khadijah R.A.
وَاللهِ مَايُخْزِيْكَ اللهُ أَبَدًا إِنَّكَ لَتَصِلُ الرَّحِمَ وَتَحْمِلُ الْكَلَّ وَتَكْسِبُ الْمَعْدُوْمَ وَتَقْرِى الضَّيْفَ وَتُعِيْنُ عَلَى نَوَائِبِ الْحَقِّ.
“Demi Allah, Allah SWT tidak akan pernah menghinakan engkau, karena engkau memiliki perilaku-perilaku:
  1. Selalu bersilaturrahmi (membuat jaringan).
  2. Terbiasa memikul beban berat.
  3. Menciptakan hal-hal baru yang asalnya tidak ada (kreatif dan inovatif).
  4. Menghormati tamu.
  5. Menolong orang yang membela kebenaran.

(Ucapan ini disampaikan Siti Khadidjah R.A. kepada Rasulullah Saw. ketika Rasul merasa khawatir sehubungan dengan peristiwa yang menimpanya di gua hira).
2.      Inovatif dan kreatif mempunyai pengertian selalu berusaha mencari hal-hal baru yang lebih baik dan lebih bermanfaat untuk kepentingan dan kemaslahatan umat yang lebih luas.
Rasulullah Saw. sangat menghargai sikap inovatif dan kreatif ini, seperti yang pernah dilakukan oleh Salman Al-Faritsi.
وَكَانَ الَّذِيْ أَشَارَ سَلْمَان فَقَالَ: يَارَسُوْلَ اللهِ إِنَّا كُنَّا يَأْرِضُ فَارِس إِذَا حُوْصِرْنَا خَنْدَقْنَا عَلَيْنَا وَلَمْ تَكُنْ تَعْرِفُهُ الْعَرَبُ قَبْلَ ذلِكَ. {مختصر سيرة الرّسول للإمام محمد بن عبد الوهّاب}.
“Dan adalah sahabat Salman yang mengusulkan, beliau berkata: “Ya Rasulullah, Sesunggunya kami di negeri Faris, jika kami dikepung oleh musuh, kami membuat parit yang belum dikenal oleh kaum Arab sebelumnya”.(Kitab Mukhtashar Sirah Rasul, Karya Imam Muhammad bin Abdul Wahhab).

Demikian pula kisah-kisah Qur’ani mengisyaratkan penghargaan pada sikap kreatif – inovatif, seperti dijelaskan dalam QS. An-Nahl ayat 20-22.
وَتَفَقَّدَ الطَّيْرَ فَقَالَ مَالِيَ لآأَرَى الْهُدْهُدَ أَمْ كَانَ مِنَ الْغَائِبِيْنَ (20) لأُعَذِّبَنَّهُ عَذَابًا شَدِيْدًا أَوْلأَذْبَحَنَّهُ أَوْلَيَأْتِيَنِّيْ بِسُلْطَانٍ مُّبِيْنٍ (21) فَمَكَثَ غَيْرَ بَعِيْدٍ فَقَالَ أَحَطْتُّ بِمَالَمْ تُحِطْ بِهِ وَجِئْـتُكَ مِنْ سَبَإٍ بِنَبَإٍ يَقِيْنٍ (22). {النّمْل : 21-22}.
“Dan dia memeriksa burung-burung lalu berkata: “Mengapa aku tidak melihat hud-hud, apakah dia termasuk yang tidak hadir. Sungguh aku benar-benar akan mengadzabnya dengan adzab yang keras, kecuali jika benar-benar dia datang kepadaku dengan alas an yang terang. Maka tidak lama kemudian (datanglah hud-hud) lalu ia berkata: “Aku telah mengetahui sesuatu yang kamu belum mengetahuinya; dan kubawa kepadamu dari negeri saba’ suatu berita penting yang diyakini”. (QS. An-Naml : 20-22).

v  Kisah burung Hudhud adalah gambaran inovasi seorang prajurit dalam mencari sumber-sumber informasi yang sangat berguna bagi pimpinannya. Informasi awal itulah yang mempertemukan nabi Sulaiman dengan ratu Balqis dan berujung dengan tunduknya kerajaan Balqis kedalam kerajaan Nabi Sulaiman a.s.
v  Sedangkan riwayat itu menggambarkan bagaimana Rasulullah Saw. menerima usulan Salman Al-Farisi untuk menggali parit di sekeliling Madinah untuk menghadapi serbuan pasukan koalisi Quraisy dalam perang Khandaq. Parit itu – dengan izin Allah SWT – telah menyelamatkan kaum muslimin dan benar-benar di luar pasukan Quraisy.
3.      Dalam bidang mu’amalah, seperti kegiatan ekonomi dan institusinya (misalnya, Lembaga Keuangan Syari’ah) pintu inovasi dibuka seluas-luasnya, dengan syarat tidak melanggar hal-hal yang bersifat prinsip, seperti riba, gharar, mempermainkan, maisir, dan berlaku dzalim.

Hanya saja untuk melakukan hal tersebut, diperlukan kemauan dan kesungguhan          Belajar           Pengetahuan Islam
                                                                  Pengetahuan bidangnya
                                          Berfikir
                                          Merubah & memperbaiki diri
                                          Bekerja dalam Team-Work (berjamaah).

Wallahu A'lam bi Ash-Shawab                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           
Categories: