Raih Keberkahan Shaum Arafah

Posted by Unknown on 22:57


Pembaca yang budiman, kita sedang berada di hari-hari yang mulia dalam setahun. Hari ketika amal shaleh pada saat itu lebih baik dan lebih dicintai Allah Ta’ala. Hari tersebut adalah sepuluh hari Pertama bulan Dzulhijjah, sebagaimana dikabarkan oleh Nabi Muhammad Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam dalam sebuah haditsnya:
“Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari Pertama bulan Dzul Hijjah). ” Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam menjawab: “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun. ”
Salah satu amal ibadah yang dianjurkan untuk meraih keberkahan waktu yang mulia tersebut adalah berpuasa. Imam Abu Daud meriwayatkan sebuah hadits dalam sunannya, “Rasulullah Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijah, pada hari ‘Asyura’ (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya. ”

Namun, bagi yang tidak sempat berpuasa sejak awal Dzulhijjah, jangan sampai ketinggalan puasa Arafah. Puasa Arafah adalah puasa yang dikerjakan pada saat jamaah haji wuquf di padang Arafah pada 9 Dzulhijjah. Tahun ini tanggal 9 Dzulhijjah bertepatan dengan hari Sabtu, 5 November (sehari sebelum 'Idul Adha).
Puasa Arafah memiliki keutamaan yang luar biasa. Puasa ini dapat menghapus dosa dua tahun, dosa setahun sebelumnya dan setahun setelahnya. Hal ini berdasarkan pada jawaban Rasulullah Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam ketika ditanya tentang keutamaan puasa Arafah, beliau mengatakan:
“Puasa hari Arafah (9 Dzulhijjah), aku berharap kepada Allah, Dia akan menghapuskan (dosa) satu tahun sebelumnya dan satu tahun setelahnya. Puasa hari 'Asyura' (10 Muharram), aku berharap kepada Allah, Dia akan menghapuskan (dosa) satu tahun sebelumnya. ” (HR. Muslim).
Oleh karena itu, sungguh merugi orang yang mendapatkan kesempatan berjumpa dengan bulan yang mulia ini, namun tidak memanfaatkannya dengan berpuasa. Padahal setiap kita membutuhan keutamaan puasa Arafah ini karena setiap kita memiliki dosa dan kesalahan. [Syam]
Categories: